Minggu, 04 September 2011

Perawatan Ringan Mesin Produksi Pastry & Bakery


Apa kabar teman-teman semua??
Sebelumnya saya ucapkan Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1432H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Semoga kita semua menjadi Insan yang Fitri.
Seperti kita ketahui bersama, momentum Hari Raya Lebaran adalah moment yang ditunggu-tunggu oleh produsen kue seperti anda tentunya. Karena dalam moment ini produsen bisa dipastikan kebanjiran order. Secara otomatis pasti kinerja dari mesin2 produksi anda juga meningkat. Pada kesempatan ini saya coba berbagi tips sederhana untuk melakukan perawatan dan pengecekan ringan pada mesin produksi anda seperti mixer dan oven.
1. Periksa semua koneksi listrik di ruang produksi anda, diantaranya stop kontak dinding, karena setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan panas dan mengakibatkan hubungan plat2 stop kontak akan mengendur.
2. Bersihkan semua peralatan dari sisa2 adonan yang sudah mengering dan mengeras. Karena sisa2 adonan memiliki kandungan garam yang akan mengakibatkan korosi dan rusaknya bagian mekanis mesin. Disarankan dibersikan dengan lap yang dibasahi dengan air hangat.
3. Cek grease / gemuk terutama untuk mesin mixer. Biasanya pada bagian dalam mixer terdapat lubang untuk mengontrol kondisi grease di dalam ruang gear. Jika grease terlihat encer, disarankan untuk menambah grease baru.
4. Bersihkan pipa tempat keluarnya api dengan sikat kawat (untuk oven manual dan otomatis) karena sisa2 pembakaran berupa arang sering menumpuk di lubang2 api. Dalam keadaan oven dingin bisa juga dibersihkan dengan lap kering.
5. Pastikan koneksi gas LPG seperti Regulator, Selang dan tabung bekerja sempurna dan tidak bocor. Bisa dulakukan pengecekan dengan mencium bau gas atau dengan melumuri busa sabun dibagian2 sambungan (seperti pengecekan tukang tambal ban).
6. Pastikan semua mesin anda bekerja normal dan prima. Jika diperlukan anda bisa melakukan service rutin dengan menggunakan jasa dari teknisi mesin2 bakery.
7. Beberapa waktu kedepan anda akan dihadapkan event2 lain seperti Iedul Adha, Natal, Tahun baru dan Imlek...Semoga order anda tambah remai...Amiin


Salam



Heru Jatmiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar