Jumat, 09 September 2011

Planetary Mixer...Bagus yang type Gear atau type VBelt ya???


Planetary Mixer....ya tentunya sudah tidak asing bagi anda para pencinta pastry dan bakery. Mixer jenis ini termasuk yang banyak diminati, karena memiliki beraneka ragam fungsi. Karenanya terkadang mixer jenis ini juga disebut multipurpose mixer, karena dilengkapi dengan tiga buah alat pengaduk yang bisa diganti-ganti. Bisa untuk mengaduk adonan roti, donat, cake, cookies, butter cream dan sebagainya.
Untuk mixer jenis ini buatan Taiwan atau China lazimnya menggunakan 2 macam jenis transmisi. Ada yang menggunakan transmisi Gear dan menggunakan transmisi VBelt. Lantas apa ciri-ciri, perbedaan dan kunggulan dari masing-masing jenis tersebut.
Berikut penjelasan singkatnya:

Transmisi Gear:
1. Transmisi dari motor ke gigi-gigi pengatur kecepatan menggunakan gear dari bahan kuningan
2. Posisi motor horizontal. Secara kasat mata bisa dilihat dari bentuknya yang lebih ramping dari mixer type VBelt. Secara mekanis terlihat lebih rumit jika dibandingkan dengan type VBelt.
3. Menggunakan daya sekitar 700W (untuk ukuran 10liter), 1100W (untuk ukuran 20liter). Penggunaan daya lebih besar jika dibanding dengan type VBelt
4. Harga jenis ini biasanya sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan type VBelt

Transmisi VBelt
1. Transmisi dari motor ke gigi-gigi pengatur kecepatan menggunakan VBelt atau Timing Belt.
2. Posisi motor vertikal. Secara kasat mata kepala mixer jenis ini tempak lebih besar dan tinggi jika dibandingkan dengan type gear. Namun secara mekanis terlihat sedikit lebih simple.
3. Menggunakan daya sekitar 350W (untuk ukuran 10liter), 600W (untuk ukuran 20liter). Mixer jenis ini lebih hemat daya.
4. Harga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan type Gear.

Dari uraian di atas anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis. Ada hal yang harus anda perhatikan sebelum anda menentukan pilihan, yaitu:
1. Budget yang anda keluarkan untuk membeli mesin
2. Berapa besar daya listrik yang anda siapkan untuk menjalankan mesin tsb

Tks


Heru Jatmiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar