Rabu, 14 September 2011

Bagaimana Mesin Proofer Bekerja??


Dalam dunia roti kita sering mendengar nama mesin Proofer. Sebagian orang mengenalnya dengan mesin steam. Secara umum keduanya sama-sama benar. Mesin tersebut memiliki fungsi utama sebagai mesin pengembang. Secara teknis bagaimana mesin tersebut bekerja akan saya uraikan di bawah ini.
Sesuai dengan karakteristik adonan roti akan mengembang dengan sempurna jika dikondisikan pada ruangan dengan temperatur 30-40 derajat celcius dan kelembaban 70-80 persen. Secara konvensional bisa dilakukan dengan menutup adonan dengan kain basah. Namun ini tidak dapat memberikan hasil yang maksimal karena temperatur dan kelembaban tidak dapat dikontrol dengan akurat.
Maka lahirlah mesin proofer yang mampu mengontrol 2 besaran yaitu suhu dan kelembaban. Lazimnya pada mesin tersebut terdapat komponen heater udara yang dikontrol oleh sebuah thermostat untuk mengontrol suhu ruang supaya berada pada kondisi 30-40 derajat celcius. Mesin ini juga dilengkapi dengan heater air yang direndam di dalam bak air dan dikontrol humidity control untuk mengkondisikan kelembaban ruangan antara 70-80 persen. Pada sebagian proofer keluaran terbaru sudah tidak menggunakan bak penampung air tetapi sudah menggunakan sistem spray dengan selonoid valve.

Tks
Astek Mesin Bakery,



Heru Jatmiko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar